Kamis, 08 Maret 2012

Pelatihan TIK Bagi Anggota KIM Se-Jawa Timur

Pada tanggal 7 dan 8 Maret 2012 di ruang Workshop Dinas Kominfo Propinsi Jatim Jalan Rajawali 6 – 8 Surabaya sebanyak 13 peserta anggota KIM dari 13 Kota/Kabupaten di Jawa Timur mengikuti Workshop Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan anggota KIM yang ada di Jawa Timur untuk meningkatkan ketrampilan masyarakat dalam penggunaan dan penerapan teknologi informasi dalam mengkomunikasikan pesan - pesan pembangunan dan hal-hal lain yang mempunyai dampak positip bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 
Sejatinya, kegiatan ini diikuti oleh 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Namun keterbatasan tempat dan lokasi, kegiatan ini dibagi dalam 2 angkatan. Angkatan pertama 5 - 6 Maret 2012, sedangkan 19 KIM lainnya mengikuti kegiatan di hari ke - 2 (7-8 Maret 2012).
Pada hari pertama, kegiatan workshop dibuka oleh Kasi Pemberdayaan TIK Masyarakat Ibu Ambar Sulistyorini, SH, MM yang menyampaikan pesan tujuan diadanya workshop ini yaitu mensinergikan antara KIM dan Telecenter yang sudah ada sebagai agen informasi dari masyarakat untuk masyarakat. Dan dilanjutkan pada acara inti workshop.  Dimulai Pengenalan terhadap teknologi internet, selanjutnya kami dibawa keliling dunia tanpa batas atau lebih dikenal dunia internet melalui penyampaian teknik-teknik browsing dan chatting yang baik, Dan pada sorenya harinya, dilanjutkan latihan pembuatan email. Email ini berguna mempersatukan semua komunikasi para peserta workshop ketika berada di daerahnya masing-masing dengan di-link-kannya email-email tersebut pada situs mailing list http://groups.yahoo.com/group/kimjatim dengan moderator milis grup  kimjatim@yahoogroups.com.
Sementara itu pada hari kedua, kegiatan workshop fokus pada pembuatan blog dan pengisian konten pada blog. Pembuatan blog ini bertujuan untuk penyebaran informasi dalam dunia maya tanpa batas yang dapat diakses dari manapun dan kapanpun juga. Blog ini dapat berperan sebagai sarana promosi produk unggulan suatu daerah ataupun informasi-informasi unggulan lainnya.
Dari workshop ini, hasil yang dicapai cukup memuaskan, karena peserta dilatih dan praktek langsung. Dengan demikian semua peserta merasa mendapat ilmu baru, dan terpenting dapat membuka wawasan baru. Untuk itu harapan peserta agar pengetahuan serta wawasan yang makin luas dapat di"getok-tularkan" pada peserta lainnya. Rasa senang sekali dan senyum gembira, mungkin inilah ekspresi yang dirasakan olek semua peserta workshop kali ini.
Terima kasih Dinas Kominfo yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat menunjang kemajuan SDM dari anggota KIM dan semoga akan banyak lagi kegiatan-kegiatan seperti ini dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar